Daftar Pertanyaan dan Jawaban Seputar Ikatan Psikolog Klinis Indonesia

Beranda / Daftar Pertanyaan dan Jawaban Seputar Ikatan Psikolog Klinis Indonesia

Topik Pertanyaan:

PENDAFTARAN ANGGOTA BARU

Bagaimana jika ingin menjadi anggota Ikatan Psikolog Klinis Indonesia?
Informasi dapat dibaca di https://ipk.bz/pendaftaran

Mengapa pendaftaran dan pembayaran harus melalui SIK HIMPSI terlebih dahulu?
Saat ini pembayaran iuran anggota IPK Indonesia masih melalui SIK HIMPSI.

Bagaimana jika saya belum memiliki akun SIK HIMPSI?
Silakan hubungi HIMPSI Wilayah atau kunjungi https://himpsi.or.id/

Mengapa harus menunggu 10 hari untuk melakukan pembayaran iuran IPK di SIK HIMPSI?
Silakan ditanyakan kepada HIMPSI karena semua proses administrasi di SIK HIMPSI merupakan kewenangan dari HIMPSI.

Saya sudah membayar tetapi belum muncul tulisan Ikatan Psikolog Klinis di profil keanggotaan HIMPSI saya?
HIMPSI biasanya melakukan verifikasi pembayaran tiap hari Senin, jadi jika Anda membayar hari Selasa maka pembayaran Anda baru diverifikasi hari Senin selanjutnya. Pastikan bahwa Anda membayar melalui nomor rekening yang diterbitkan oleh SIK HIMPSI sesuai dengan Nama Anda, bukan langsung transfer ke rekening Himpsi.

Bagaimana jika saya salah melakukan pembayaran langsung ke rekening HIMPSI tanpa melalui SIK HIMPSI?
Silakan hubungi HIMPSI Wilayah.

Bagaimana jika saya sudah terdaftar sebagai anggota IPK di SIK HIMPSI tetapi belum mendapatkan eKTA IPK Indonesia?
SIK HIMPSI hanya sebagai saluran pembayaran iuran awal keanggotaan IPK, Anda masih berkewajiban mengunggah berkas data syarat keanggotaan IPK Indonesia di SIMAK IPK. Silakan Anda mengisi Formulir A di https://ipk.bz/forma untuk mendapatkan akun SIMAK IPK.

Apakah IPK Indonesia menerima pendaftaran secara luring (offline)?
Tidak. Pendaftaran anggota baru IPK Indonesia hanya melalui daring untuk kecepatan dan kemudahan pengelolaan oleh petugas sekretariat sehingga tidak terjadi kekacauan administrasi seperti pada masa lampau.

———————
PEMBUATAN AKUN SIMAK UNTUK ANGGOTA LAMA

Saya anggota lama IPK, tetapi Akun SIMAK saya belum aktif, apa yang harus saya lakukan?
Anda dapat mengisi Formulir A di https://ipk.bz/forma dengan keperluan pendaftaran akun simak baru.

———————
SPPK (SERTIFIKAT PENGUKUHAN PSIKOLOG KLINIS)

Mengapa saya perlu mengurus SPPK?
SPPK merupakan bukti bahwa Anda memiliki kompetensi sebagai psikolog klinis untuk lulusan profesi sebelum tahun 2012. Hal ini karena kompetensi psikolog klinis baru dicantumkan di SSP (Sertifikat Sebutan Psikolog) Himpsi untuk lulusan profesi tahun 2012 ke atas.

Bagaimana cara mengajukan permohonan SPPK?
Informasi dapat dibaca di https://ipk.bz/sppk

Saya baru mendapatkan SPPK Sementara, apakah harus diperpanjang dan apakah harus membayar lagi?
SPPK Sementara dapat ditukarkan dengan SPPK Tetap jika memenuhi persyaratan SPPK dan tidak perlu membayar lagi melalui Formulir B5 SIMAK IPK.

Saya dulu pernah mengurus SPPK tetapi sampai sekarang belum ada kabarnya?
Pengelolaan administrasi secara manual menimbulkan banyak masalah, apalagi jika staf sekretariat terus berganti, saat ini IPK Indonesia menggunakan SIMAK IPK dari mulai permohonan, konfirmasi pembayaran dan juga pembuatan SPPK. Silakan isi kembali Formulir B4 SIMAK agar sistem dapat membuatkan SPPK yang berkode QR dan tercatat semua prosesnya.

Saya telanjur membayar SPPK, ternyata saya tidak memerlukan SPPK karena lulusan 2012?
Pembayaran SPPK seharusnya dilakukan jika Anda telah mendapatkan notifikasi WA dari SIMAK IPK, karena belum tentu semua permohonan SPPK dikabulkan. Jika Anda sudah telanjur membayar biaya tersebut, Anda dapat menghubungi sekretariat dan bendahara melalui WA atau email sekretariat@ipkindonesia.or.id.

Apakah saya bisa membuat SPPK jika saya adalah lulusan Mapro dengan kekhususan selain psikologi klinis?
Saat ini hanya lulusan profesi lama tanpa kekhususan dan Mapro kekhususan Psikologi Klinis yang dapat memperoleh SPPK. IPK Indonesia masih mempertimbangkan konsekuensi untuk memberikan SPPK pada psikolog lulusan Mapro non klinis.

 

———————
STR (SURAT TANDA REGISTRASI)

Mengapa saya perlu memiliki STR?
Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan khususnya pasal 44 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktik wajib memiliki STR. Psikolog klinis telah disebutkan dalam UU tersebut sebagai tenaga kesehatan.

Langkah apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan STR?
Informasi dapat dibaca di https://ipk.bz/strpk

Bagaimana jika saya menemui kesulitan teknis dalam pembuatan STR Online?
Silakan hubungi helpdesk.ktki@kemkes.go.id.

Apakah KTKI menerima pengajuan STR secara luring (offline)?
Tidak. KTKI hanya menerima pengajuan STR secara daring di https://ktki.kemkes.go.id/

———————
ADMINISTRASI IPK WILAYAH

Mengapa IPK Wilayah saya belum daring?
Silakan tanyakan langsung kepada IPK Wilayah Anda. Setiap IPK Wilayah memiliki kesiapan SDM yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi wilayahnya.

Saya anggota lama IPK, Mengapa saya terdaftar di IPK Wilayah tertentu padahal saya tidak pernah berdomisili di sana?
Pada masa peralihan, SIMAK IPK secara otomatis mendeteksi kode wilayah NO KTA lama, kesalahan pengkodean tersebut terjadi karena pada awal administrasi pemberian kode KTA dilakukan secara manual oleh petugas sekretariat. Anda dapat memperbaiki hal itu dengan mengisi Formulir B1 SIMAK IPK.

Saya mengalami masalah dengan Formulir C, saya harus hubungi siapa?
Formulir C dikelola oleh admin IPK Wilayah sehingga Anda harus menghubungi IPK Wilayah sesuai dengan pengajuan adminitrasi tersebut.

———————
SEPUTAR SIMAK IPK

Mengapa administrasi IPK harus menggunakan SIMAK IPK?
IPK Indonesia berupaya mewujudkan lingkungan administrasi keanggotaan yang efektif, efisien, transparan, akurat, cepat dan aman dengan teknologi informasi. Penerapan teknologi perlu dilakukan agar IPK Indonesia dapat memberikan pelayanan yang maksimal karena sumber daya IPK terbatas sementara  jumlah anggota dan berbagai kebutuhan administrasi keanggotaan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Mengapa SIMAK IPK tidak lagi menggunakan notifikasi SMS tetapi menggunakan WhatsApp (WA)?
WA merupakan aplikasi pesan yang populer dan efektif untuk menyampaikan informasi yang lebih panjang dibandingkan SMS. Selain itu, pengiriman SMS telah dibatasi secara signifikan oleh operator sehingga tidak dapat mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam sekali waktu. Beberapa kali nomer HP SIMAK telah diblokir oleh operator hanya karena mengirimkan sms ke banyak orang dalam sekali waktu.

Mengapa saya harus membalas pesan WA untuk mendapatkan akun SIMAK?
Hal tersebut adalah strategi agar WA SIMAK IPK tidak diblokir karena dianggap sebagai spammer oleh penyelenggara aplikasi tersebut sehingga perlu adanya interaksi satu sama lain. Ada baiknya juga jika Anda menyimpan nomer WA SIMAK di daftar kontak HP Anda.

Mengapa saya tidak dapat meminta nama pengguna dan kata sandi langsung ke petugas admin?
SIMAK IPK Indonesia dirancang sangat aman sehingga semua pembuatan nama pengguna dan kata sandi secara otomatis oleh sistem. Admin SIMAK IPK tidak membuat nama pengguna dan kata sandi secara manual karena selain tidak aman, juga sangat melelahkan.

Saya sudah mengganti pas foto tetapi mengapa belum terverifikasi?
Setelah penggantian pas foto atau merevisi dokumen, ada baiknya Anda memberitahukan melalui email simak@ipkindonesia.or.id agar dapat diproses dengan cepat oleh petugas admin.

Bagaimana jika saya lupa nama pengguna dan kata sandi SIMAK IPK?
Anda dapat mengisi formulir A di https://ipk.bz/forma atau mengirimkan WA SIMAK IPK dengan kode format simak#login#NIAIPK atau Nomor Induk Anggota IPK contoh simak#login#1201888.

Berapa lama dokumen saya terverifikasi?
Setiap hari tim verifikasi akan melakukan verifikasi dokumen Anda, jika dokumen Anda belum terverifikasi dalam 3 hari kerja, Anda dapat menanyakannya ke email simak@ipkindonesia.or.id.

Apakah saya boleh meminta bantuan teman?
Anda boleh meminta bantuan teman jika merasa kesulitan untuk menggunakan SIMAK IPK. Pastikan Anda melakukan penggantian sandi melalui WA SIMAK dengan kode format simak#sandi agar teman Anda tidak mengetahui sandi Anda yang baru.

Berapa nomor WA SIMAK/ SARI?
0878-3900-7555. Nomer tersebut tidak menerima panggilan suara dan video, semua pesan yang ditujukan ke nomer tersebut akan dibalas oleh sistem (robot).

———————

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengirimkan pertanyaan Anda ke simak@ipkindonesia.or.id.