Persebaran dan Data Jenis Pekerjaan Anggota IPK Indonesia Tahun 2018

Beranda / Informasi IPK Indonesia / Persebaran dan Data Jenis Pekerjaan Anggota IPK Indonesia Tahun 2018

Salah satu tujuan penerapan teknologi informasi melalui SIMAK IPK adalah mempermudah untuk mendapatkan data statistik terkait anggota IPK Indonesia.

Saat ini, jumlah anggota IPK yang terdaftar di SIMAK IPK ada 1621 psikolog klinis yang tersebar di 30 IPK Wilayah. Jumlah terbanyak berdomisili di Jakarta (356 anggota), DIY (228 anggota) dan Jawa Timur (208 anggota).

Jika dikelompokkan berdasarkan jenis pekerjaannya, jumlah terbesar adalah anggota IPK Indonesia yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik yaitu sebanyak 928 orang. Jumlah terbesar kedua adalah anggota IPK Indonesia yang bekerja di lembaga pendidikan sebagai tenaga pengajar yaitu sebanyak 498 orang. Data ini juga menunjukkan bahwa seorang psikolog klinis dapat bekerja di lebih dari satu tempat kerja dalam rentang waktu yang sama.

IPK Indonesia berencana untuk mempublikasikan beberapa data statistik lainnya dalam waktu terkini melalui suatu halaman khusus di web. Tujuannya adalah untuk mempermudah berbagai pihak mendapatkan data yang akurat terkait psikolog klinis di Indonesia.