Penerapan Teknologi Chatbot dalam Layanan IPK Indonesia

Beranda / Informasi IPK Indonesia / Penerapan Teknologi Chatbot dalam Layanan IPK Indonesia

Seiring dengan kemajuan teknologi, IPK Indonesia menerapkan teknologi chatbot dalam layanan pemberian informasi baik kepada anggota maupun non anggota. Chatbot adalah suatu sistem yang dirancang dengan kecerdasan buatan untuk dapat bercakap-cakap secara otomatis melalui berbagai media seperti web, atau aplikasi pesan.

Chatbot mulai banyak digunakan karena keterbatasan sumber daya manusia untuk melayani tanya jawab secara live (langsung) dalam 24 jam non stop. Keberadaan chatbot akan membantu suatu organisasi yang memiliki anggota yang besar dalam memberikan informasi dan melayani tanya jawab tanpa harus memiliki banyak petugas.

Chatbot IPK Indonesia bernama SARI (Sistem Auto Respons IPK Indonesia), mulai hari ini SARI ditugaskan untuk berjaga di 3 saluran layanan informasi IPK Indonesia yaitu web, telegram dan FB Messenger.

SARI di web : https://ipkindonesia.or.id/  (klik tanda percakapan di kiri bawah situs)
SARI di telegram : @sari_ipkbot
SARI di FB Messenger :  IPK Indonesia
SARI di WA 087839007555 (masih terbatas kode format)

SARI akan mulai belajar dari interaksi dengan penguna untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna dalam tiga bulan ini, selanjutnya SARI akan dievaluasi kembali untuk menambah kemampuannya.

Keberadaan SARI hanya untuk membantu IPK Indonesia dan meringankan beban petugas untuk melayani tanya jawab secara cepat. IPK Indonesia masih tetap melayani tanya jawab di saluran kontak WA sekretariat 0811-265-1261 (jam kerja) dan juga WA dukungan teknis SIMAK IPK 0899-5-1111-00.