Peluncuran SINAU, Situs E-Learning IPK Indonesia

Beranda / Informasi IPK Indonesia / Peluncuran SINAU, Situs E-Learning IPK Indonesia

Tanggal 11 November 2018, IPK Indonesia meluncurkan SINAU, situs elearning/ belajar online yang beralamat di https://sinau.ipkindonesia.or.id/. Situs ini merupakan sarana belajar online antar psikolog klinis di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi psikolog klinis secara daring. Situs ini merupakan salah satu upaya IPK Indonesia untuk membantu psikolog klinis yang memiliki keterbatasan waktu, dan tempat untuk meningkatkan kompetensinya dengan biaya yang terjangkau.

Situs tersebut terintegrasi dengan SIMAK IPK Indonesia sehingga pengguna yang memiliki akun SIMAK dapat menggunakan nama login dan kata sandi yang sama untuk masuk ke SINAU. Pengguna yang telah menyelesaikan kursus akan mendapatkan e-Sertifikat yang akan muncul secara otomatis di SIMAK IPK beserta dengan SKP (Satuan Kredit Profesi) yang didapatkan dari hasil pembelajaran kursus di SINAU.

Selain SKP, SINAU menerapkan gamifikasi melalui pemberian lencana untuk menjadi pendorong tambahan mengikuti kursus-kursus yang disediakan oleh IPK Indonesia. Gamifikasi adalah proses menerapkan mekanisme atau aturan permainan dalam suatu sistem untuk meningkatkan interaktivitas pengguna dan juga membawa suasana yang menyenangkan bagi pengguna. Tujuan penerapan gamifikasi pada SINAU adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak membosankan.

SINAU saat ini masih memiliki beberapa kelemahan yang akan terus diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung program organisasi profesi dalam Pendidikan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) Psikolog Klinis.