Sumpah Profesi, Uji Kredensial dan Workshop IPK Indonesia Wilayah Aceh 4-6 Mei 2018

Beranda / IPK Wilayah / IPK Aceh / Sumpah Profesi, Uji Kredensial dan Workshop IPK Indonesia Wilayah Aceh 4-6 Mei 2018

Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Wilayah Aceh bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Klinis  (IPK) Indonesia dalam melaksanakan kegiatan Sumpah Profesi, Uji Kredensial dan Workshop yang diadakan di Banda Aceh, 4 Mei 2018 s/d 6 Mei 2018.

Kegiatan Sumpah Profesi dan Uji Kredensial ini baru pertama kalinya diadakan di Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Mei 2018 di Rumah Sakit Jiwa Aceh. Peserta sumpah profesi berjumlah 21 orang. Acara ini berlangsung dengan sangat Khidmat, dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti pemuka agama dari agama Islam dan Kristen Protestan, perwakilan dari Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) Aceh, perwakilan dari Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dan perwakilan dari Rumah Sakit Jiwa Aceh.

Kegiatan Uji Kredensial diikuti oleh 16 peserta. Penguji dalam kegiatan ini adalah Dra. Dian Kristyawati, M.Si. Psikolog, Dra. Sri Haryanti, MA. Psikolog, Dr. Anastasia Sri Maryatmi, M.Psi., Psikolog  yang merupakan Pengurus Pusat Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Yulia Direzkia, S.Psi., M.Si., Psikolog, yang merupakan Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) wilayah Aceh. 

Dalam rangka meningkatkan keterampilan penggunaan alat tes psikologi. Ikatan Psikolog Klinis (IPK) wilayah Aceh juga menyelenggarakan kegiatan Workshop pada hari sabtu, 5 Mei 2018, dengan tema “Tes Weschsler Intelligence Scale For Children (WISC) untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Narasumber dalam workshop ini adalah Ibu Dra. Dian Kristyawati., M.Si., Psikolog. Diharapkan peserta yang telah mengikuti workshop ini mampu dan terampil dalam mengukur Intelligensi anak pada umumnya dan Anak Berkebutuhan Khusu (ABK). 

Workshop kedua diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Mei 2018 dengan tema“Dinamika Kepribadian Berdasarkan Tes Grafis”. Narasumber dalam workshop ini adalah Ibu Dra. Sri Haryatmi. MA., Psikolog. Diharapkan peserta yang telah mengikuti workshop ini mampu dan terampil dalam memeriksa kepribadian klien dalam rangka assesment dan penegakan diagnosis. Kedua workshop diselenggarakan di Gedung CHSM Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.  

Tes WISC dan tes Grafis dipilih sebagai salah satu alat ukur karena dapat mengungkapkan berbagai aspek dari individu. Workshop ini diselenggarakan untuk melatih para Psikolog yang sudah mengenal dan pernah menggunakan alat tes ini untuk memperdalam keterampilan penggunaan tes.

Kata sambutan oleh Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Wilayah Aceh
Kata sambutan oleh perwakilan MTKP

Sumpah Profesi
Penandatanganan naskah Sumpah Profesi

Salah satu peserta sedang melaksanakan Uji Kredensial