Pendaftaran Anggota Baru IPK Indonesia

Beranda / Pendaftaran Anggota Baru IPK Indonesia

Syarat untuk menjadi Anggota IPK Indonesia :
1. Warga Negara Indonesia
2. Psikolog klinis atau psikolog yang mempunyai minat dalam bidang psikologi klinis.

Hak dan Kewajiban Anggota
Hak :
1. Mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang tertera dalam fungsi IPK.
2. Mendapatkan informasi tentang pengembangan profesi, pendidikan berkelanjutan dan sertifikasi profesi.
3. Memiliki hak memilih dan dipilih menjadi pengurus IPK baik Pusat maupun perwakilan.
Kewajiban :
1. Menjunjung tinggi dan menjaga nama baik profesi.
2. Membayar iuran anggota.
3. Meningkatkan kompetensi profesi dengan mengikuti pendidikan berkelanjutan.

Alur Pendaftaran Anggota Baru IPK Indonesia  :

Alur Lengkap Pendaftaran Anggota IPK Indonesia  :

  1. Calon anggota mendaftarkan keanggotaan HIMPSI di http://himpsi.or.id/
  2. Calon anggota memilih Ikatan Psikolog Klinis sebagai asosiasi/minatnya di SIK-HIMPSI https://anggota.himpsi.or.id/
  3. Calon anggota mengisi formulir A di https://simak.ipkindonesia.or.id/formulir/ dengan keperluan DAFTAR ANGGOTA BARU dan menyertakan file scan foto KTA HIMPSI/KTP (salah satu) dan berkas scan foto bukti pembayaran (jika ada).
    Penolakan Formulir A untuk keperluan Pendaftaran Anggota Baru dilakukan jika : a. Data di SIK HIMPSI belum mencantumkan IPK sebagai asosiasi yang dipilih calon anggota. b. Calon Anggota tidak mengunggah berkas kartu identitas.
  4. Calon anggota menunggu pemberitahuan informasi login SIMAK IPK dari Sekretariat IPK Indonesia melalui SMS/WA 087839007555 maksimal 3 hari kerja.
  5. Calon anggota wajib membalas SMS/WA 087839007555 dengan format tertentu sesuai dengan SMS/WA pemberitahuan dari IPK Indonesia sebagai konfirmasi pendaftaran anggota baru.
  6. Calon anggota yang telah menerima nama pengguna dan kata sandi dapat login di SIMAK IPK https://simak.ipkindonesia.or.id/ dan melengkapi berkas dokumen berupa berkas scan pas foto berwarna berlatarbelakang merah, berkas scan ijazah yang dimiliki, berkas scan SSP (Surat Sebutan Psikolog) dari HIMPSI dan dokumen lainnya yang dimiliki.
  7. Calon anggota menunggu konfirmasi verifikasi berkas yang dimasukkan di SIMAK IPK. Lama waktu verifikasi data tergantung kelengkapan data yang diunggah oleh calon anggota dan juga kecepatan calon anggota untuk melakukan revisi.
  8. Calon anggota yang telah melengkapi berkas data akan diberi status lulus verifikasi dan diterbitkan Nomor Induk Anggota Psikolog Klinis (NIA IPK) dalam Kartu Tanda Anggota (KTA) yang ditampilkan di SIMAK IPK Indonesia.

 

Tulisan Lainnya

Perpanjangan Tahunan dan Perpanjangan KTA IPK Indo... Anggota IPK Indonesia yang telah terverifikasi memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap tahun, serta memperpanjang Kartu Tanda Anggota IPK setia...
Registrasi Ulang Anggota Lama IPK Indonesia Anggota lama IPK Indonesia belum memiliki akun SIMAK IPK harus melakukan daftar/registrasi ulang terlebih dahulu dan mendapatkan KTA IPK Indonesia ver...