Pengajuan Surat Izin Praktik Psikolog Klinis (SIPPK)

Beranda / Pengajuan Surat Izin Praktik Psikolog Klinis (SIPPK)

Aturan tentang Surat Izin Praktik Psikolog Klinis (SIP-PK) tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 45 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Psikolog Klinis.

Langkah pertama untuk membuat SIP-PK adalah mengisi data tempat bekerja di menu Pekerjaan SIMAK IPK, setelah itu membuat surat keterangan kerja dari instansi/lembaga bagi anggota yang bekerja di instansi atau lembaga, atau membuat surat pernyataan bagi anggota yang berpraktik secara mandiri. Contoh surat tersebut adalah sebagai berikut : ipk-indonesia-contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-sippk

Setelah membuat surat keterangan di atas, anggota dapat meminta Surat Rekomendasi Izin Praktik (SRIP) di IPK Wilayah melalui Formulir C.3. SIMAK IPK.

Hal yang harus diperhatikan adalah :

  1. SRIP harus diterbitkan oleh IPK Wilayah sesuai dengan wilayah tempat kerja karena Pemerintah Daerah hanya menerima rekomendasi dari organisasi profesi dalam wilayah yang sama.
  2. Psikolog Klinis hanya dapat mengajukan paling banyak 3 tempat praktik atau 3 SIP-PK ke Pemerintah Daerah. Pengajuan Surat Izin Praktik Psikolog Klinis yang kedua dan ketiga harus menyertakan SIP-PK sebelumnya sehingga pengajuan SRIP ke IPK Wilayah juga tidak dapat sekaligus dalam satu waktu.

Alur Pembuatan SIP-PK untuk IPK Wilayah yang sudah daring adalah sebagai berikut :

IPK Wilayah yang belum daring masih melayani pembuatan Surat Rekomendasi Izin Praktik secara luring, silakan hubungi IPK Wilayah untuk informasi lebih lanjut. No. Kontak IPK Wilayah tercantum di halaman beranda SIMAK IPK Indonesia.