Implementasi Teknologi Kode QR (Quick Response) di IPK Indonesia

Beranda / Informasi IPK Indonesia / Implementasi Teknologi Kode QR (Quick Response) di IPK Indonesia

Teknologi Kode QR (Quick Response) atau QR Code merupakan pengembangan dari barcode (kode batang) yang telah digunakan secara luas untuk berbagai keperluan. Kode QR merupakan  kode matriks yang diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994.

Keunggulan teknologi kode QR adalah dapat memuat data yang panjang dibandingkan barcode dan dapat dibaca secara cepat dengan aplikasi pembaca kode QR  di smartphone. Kode QR mempermudah orang untuk mengakses data secara cepat tanpa perlu menuliskan data tersebut. Contoh implementasi penerapan kode QR yaitu : identifikasi produk, validasi dokumen, pranala akses ke situs web/sumber di internet, penyimpan data kontak atau kartu virtual,  dan yang terbaru adalah sebagai alat pembayaran.

Saat ini, IPK Indonesia mulai mengimplementasikan teknologi kode QR sebagai validasi dokumen-dokumen penting, pranala ke kartu virtual anggota ipk, dan penyimpanan data kontak sekretariat IPK Indonesia.

Validasi keaslian SKTA (Surat Keterangan Tanda Anggota) dapat diakses dengan cepat dengan melakukan pemindaian pada kode QR yang terdapat di SKTA tersebut.

Validasi keanggotaan IPK Indonesia juga dapat dilihat dengan melakukan pemindaian pada kode QR yang terdapat pada KTA (Kartu Tanda Anggota) IPK Indonesia.

Penyimpanan data kontak Sekretariat IPK Indonesia mulai dari alamat, no hp, email dan situs web menjadi lebih mudah dengan memindai kode QR di situs web IPK Indonesia atau di belakang KTA IPK Indonesia.

Bagaimana cara memindai kode QR?

Saat ini, banyak sekali aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk memindai kode QR, bahkan beberapa merk HP sudah tersedia dalam aplikasi kamera tanpa harus menginstall aplikasi lain, contohnya kamera HP merk XIAOMI yang sudah terintegrasi dengan pemindai kode QR.

Contoh aplikasi pembaca kode QR yaitu :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gamma.scan
https://itunes.apple.com/us/app/qr-code-reader-barcode-scanner/id1159068566

Cara menggunakan aplikasi pembaca kode QR setelah memasangnya di smartphone cukup mudah yaitu hanya dengan mengarahkan ke kode QR, jika setelah dipindai kode QR berisi pranala ke web tertentu maka smartphone akan membuka browser ke halaman tersebut, jika kode QR berisi data kontak maka smartphone akan memberikan pilihan untuk menyimpan data kontak tersebut di buku kontak yang ada di smartphone.

Bagaimana cara membuat kode QR?

Kode QR dapat dibuat dengan mudah melalui beberapa aplikasi maupun situs web yang memberikan layanan pembuatan kode QR secara gratis di internet. Contoh situs yang memberikan layanan tersebut yaitu :
https://www.qrstuff.com
https://qrcode.kaywa.com

Implementasi kode QR untuk menunjang kegiatan di IPK Indonesia

Selain penerapan kode QR yang telah tersebut di atas, masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan penggunaan kode QR untuk menunjang kegiatan di IPK Indonesia, misalnya penyediaan pranala dalam rupa kode QR di poster-poster kegiatan IPK Indonesia, penyimpan kontak panitia seminar atau kegiatan IPK Indonesia, bahkan pembayaran untuk seminar atau kegiatan IPK Indonesia.

Jadi mari kita manfaatkan teknologi ini untuk mempermudah langkah gerak organisasi seiring dengan kemajuan jaman yang terus berubah.