PFA bagi Guru di Klaten, Jawa Tengah

Beranda / IPK Wilayah / IPK Jawa Tengah / PFA bagi Guru di Klaten, Jawa Tengah

Psychological First Aid atau pertolongan pertama psikologis merupakan sebuah intervensi psikologis berupa pemberian bantuan kepada individu, keluarga dan masyarakat yang baru saja mengalami peristiwa yang tidak diinginkan/menyedihkan. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak buruk dari peristiwa traumatis tersebut dan membantu proses pemulihan.

Ketrampilan ini sangat perlu dimiliki oleh siapa saja tak terkecuali Guru yang merupakan pendamping dan pengganti orang tua bagi anak ketika berada di sekolah. Tidak jarang ditemui bahwa gangguan psikologis yang dialami orang dewasa berakar dari pengalaman traumatis dimasa kanak-kanak, dan tidak sedikit pengalaman traumatis tersebut dialami di sekolah, seperti misalnya korban bullying, mengalami kekerasan fisik atau verbal oleh teman di sekolah, dsb.

Antusiasme peserta dalam pelatihan

Pelatihan ini dilaksanakan di Kota Klaten, pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 dan diikuti oleh sekitar 26 orang profesional guru dengan narasumber Gones Saptowati, S.Psi, MA, Psikolog dan Dra. Sukarsini, Psikolog.

Sambutan sekaligus pembukaan pelatihan oleh Ketua IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah