Workshop Basic Dance Movement Therapy IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah

Beranda / IPK Wilayah / IPK Jawa Tengah / Workshop Basic Dance Movement Therapy IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah

Dalam rangka peningkatan kompetensi anggota, IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah telah mengadakan Workshop Basic Dance Movement Therapy di penghujung tahun 2018, tepatnya tanggal 15 Desember 2018 di Hotel Aston, Surakarta. Acara dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, diikuti oleh 70 psikolog.

Dalam workshop tersebut menghadirkan bapak Kuriake Kharismawan, M.Si, Psikolog Psikolog salah satu Dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang. Pada kesempatan ini, pelatihan dibuka langsung oleh Ketua IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Dra. Endang Suparti Sri Sugihartati, Psikolog tak lupa pula mengingatkan rekan sejawat untuk melengkapi perijinan terkait praktek profesi seperti pengajuan atau perpanjangan STR dan surat ijin praktik psikologi, keanggotaan dalam HIMPSI melalui SIK Himpsi dan keanggotaan dalam IPK Indonesia melalui SIMAK IPK.

Workshop Basic Dance Movement Therapy (DMT) merupakan salah satu art therapy yang menggunakan gerak dan tarian dimana seseorang/klien dapat terlibat secara kreatif dalam proses integrasi emosional, kognisi, fisik dan sosialnya.

Selama berlangsungnya workshop, peserta diajak langsung mempraktekkan proses DMT yang terdiri dari : preparation, incubation, illumination dan evaluation.

Peserta diajarkan prinsip-prinsip dari setiap proses yang harus dilalui, bagaimana memotivasi klien untuk menggerakkan badannya secara lepas dan eksprsif serta penggunaan berbagai macam properti seperti balon, selendang, kain. Seluruh peserta mengikuti workshop dengan antusiasme dan aktif hingga selesai.

Hey kamu…..menari itu butuh ekspresi

Berekspresilah !!! 

Jangan malu untuk berekspresi !!!

Yang pertama ….. Preparation

Bangun rapport dan lakukan asesmen

Yang kedua……Incubation

Menarilah !!! Metaforakan….BUKAN HANYA DANGDUTAN

Yang ketiga…..illumination

Temukan kesadaran……Dengarkan…..

Pahami setiap ekspresi yang keluar

Dan terakhir…..terminasi

Kamu mampu……. So Lakukanlah!!!!!

 

Selamat bertemu kembali dalam rangkaian Workshop dan Pelatihan dari IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah Tahun 2019 mendatang.