Pendampingan Psikososial Rumah Karantina SMP Negeri 3 Mrebet Purbalingga

Beranda / IPK Wilayah / IPK Jawa Tengah / Pendampingan Psikososial Rumah Karantina SMP Negeri 3 Mrebet Purbalingga

Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 “Mental Health In An Unequal World”. Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Jawa Tengah mengadakan serangkaian kegiatan, salah satunya Pendampingan Psikososial Rumah Karantina SMP Negeri 3 Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23- 30 September 2021 yang lalu, sebagai bentuk kepedulian IPK Indonesia khususnya Wilayah Jawa Tengah terhadap kesehatan dan kesejahteraan psikologis siswa yg sedang di karantina terpusat di sekolah.

Berawal dari hasil pemeriksaan antigen pada siswa yang diuji coba dalam Sistem Pertemuan Tatap Muka dan ternyata hasilnya banyak yang menunjukkan reaktif sehingga dilakukan karantina terpusat.

Hasil asesmen psikologi awal tidak ditemukan masalah psikologis yang berarti, namun beberapa siswa dirasakan perlu mendapatkan perhatian khusus karena mulai muncul rasa bosan, sedih karena jauh dari orang tua.

Dengan pendampingan psikososial ini diharapkan para siswa yang dikarantina dapat menjalani karantina dengan hati yang senang sehingga tumbuh semangat untuk sehat kembali.