Upaya IPK Indonesia untuk Menjadi Organisasi Profesi Terdepan dalam Penerapan Teknologi Informasi

Berikut ini adalah catatan perjalanan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia untuk menjadi organisasi profesi terdepan dalam penerapan teknologi informasi di Indonesia:

Tahun 2017

  • 24 Desember 2017 – Peluncuran domain dan situs web ipkindonesia.or.id dan URL singkat ipk.bz.

Tahun 2018

  • 19 Februari 2018Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Administrasi Keanggotaan (SIMAK) IPK.
  • 19 Februari 2018Pengunaan Mesin SMS Auto Respon dalam masa transisi daftar ulang anggota lama.
  • 01 April 2018Penerimaan pendaftaran daring anggota baru IPK Indonesia di SIMAK IPK.
  • 27 April 2018Penerapan kode QR untuk validasi dokumen yang diterbitkan oleh IPK Indonesia.
  • 25 Mei 2018Penerapan Kartu Tanda Anggota Digital (eKTA) IPK Indonesia.
  • 25 Mei 2018Situs Pelacakan Keanggotaan IPK Indonesia.
  • 21 Juni 2018Penggunaan WhatsApp Gateway menggantikan SMS Gateway di SIMAK IPK.
  • 11 November 2018Peluncuran SINAU IPK, situs eLearning IPK Indonesia berbasis LMS Moodle.
  • 03 Desember 2018Peluncuran situs Jurnal Psikologi Klinis Indonesia (JPKI) di jurnal.ipkindonesia.or.id.

Tahun 2019

  • 30 Januari 2019Penerapan eSertifikat dan eSKP di SIMAK IPK.
  • 10 Februari 2019Peluncuran Chatbot SARI (Sistem Auto Respon IPK Indonesia) dengan kecerdasan buatan.
  • 12 Mei 2019Penerapan Pengajuan Rekomendasi STRPK dan SIPPK Daring di SIMAK IPK.
  • 23 Agustus 2019Pengunaan Sistem Informasi Temu Ilmiah Nasional terintegrasi dengan SIMAK IPK.
  • 24 Oktober 2019Pengunaan sistem eVoting SIMAK IPK pertama kali dalam pemilihan Ketua IPK Jakarta.
  • 16 November 2019Peluncuran SIMAK versi 2 dengan Pengumpulan Portofolio P2KB daring.

Tahun 2020

  • 26 Januari 2020 – Peluncuran situs Direktori Psikolog Klinis dan Layanan Psikologi Klinis.
  • 26 Januari 2020 – Peluncuran Evaluasi Kemampuan Daring.
  • 28 Januari 2020Penataan sistem tata kelola pertanyaan Hubungi Kami.
  • 27 Februari 2020Peluncuran eBuku/ ePustaka di SIMAK IPK.
  • 08 Mei 2020Pengunaan SIMAK IPK untuk pendaftaran, penerbitan eSertifikat dan eSKP instan dalam Webinar Daring Perdana melalui Zoom.
  • 21 Juni 2020Pengunaan SIMAK IPK untuk pendaftaran dan pengelolaan Sumpah Profesi Daring Perdana.
  • 16 Juli 2020Gamifikasi SIMAK IPK.
  • 09 Agustus 2020Penerapan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan Big Data untuk mempercepat proses verifikasi dan administrasi keanggotaan.
  • 09 September 2020Integrasi SIMAK IPK dengan SINAU IPK.
  • 15 Desember 2020Integrasi SIMAK IPK dengan STR Online KTKI.

Tahun 2021

  • 15 Januari 2021Peluncuran SIMAK IPK versi 3 yang dilengkapi dengan personalisasi, dan notifikasi yang lebih lengkap.
  • 01 April 2021Peluncuran Sistem Informasi Pengajuan Akreditasi Kegiatan (SIPAK) IPK untuk penyelenggara kegiatan di lingkungan IPK Indonesia.
  • 27 April 2021Penggunaan Gerbang Bayar (Payment Gateway) di sistem informasi IPK Indonesia.
  • 11 Juli 2021Peluncuran Situs panduan.ipkindonesia.or.id
  • 24 September 2021Peluncuran Satu Pranala IPK Indonesia IPK.BZ
  • 15 Oktober 2021Peluncuran chatbot SARI di Telegram.
  • 13 Desember 2021Penerapan tanda tangan elektronik di seluruh lingkungan administrasi IPK Indonesia.

Tahun 2022

  • 20 Februari 2022Pengunaan Formulir F di SIMAK IPK Indonesia sebagai sistem penyelenggaraan Musyawarah Wilayah mulai dari pendaftaraan peserta, dan pemilihan (evoting) formatur untuk menjadi Ketua IPK Indonesia Wilayah.
  • 22 Februari 2022Penggantian domain Satu Pranala IPK Indonesia dengan IPK.ID
  • 20 Juli 2022IPK Indonesia terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Kominfo dengan Nomor TDPSE 005757.01/DJAI.PSE/07/2022.
  • 14 November 2022 – IPKINDONESIA CSIRT terdaftar dalam

Tahun 2023

  • 25 Februari 2023Peluncuran Tim Tanggap Insiden Siber  IPKINDONESIA-CSIRT bersama Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN).